Harald Ulrik Sverdrup

15 November 1888 – 21 Agustus 1957

Harald Ulrik Sverdrup lahir pada tanggal 15 November 1888 di Sogndal, Sogn, Norwegia. Pada saat itu, ayah beliau, Johan Edvard Sverdrup (1866-1923) masih menjadi seorang guru. Selanjutnya, pada tahun 1894 ayah beliau diangkat menjadi seorang menteri di distrik Solund, berjarak 40 mil utara Bergen dimana pada tahun 1908 menjadi profesor dalam sejarah gereja di Oslo dan meninggal dunia pada tahun 1923. Ibu beliau, Maria Vollan, meninggal dunia ketika ia masih anak-anak.

Disiplin ilmu yang digeluti oleh Sverdrup awalnya adalah astronomi ketika masuk ke perguruan tinggi pada tahun 1908. Pembimbing beliau adalah Professor Vilhelm Bjerknes, seorang profesor meteorologi pendiri Bergen School. Ketertarikannya pada meteorologi dan oseanografi membuatnya beralih dari bidang yang ia geluti sebelumnya, dan publikasi pertamanya dalam bidang meteorologi diterbitkan pada tahun 1914.

Beliau sempat mendampingi Bjerknes ke Leipzig, Jerman ketika Bjerkens diangkat menjadi direktur pada Institut Geofisika di sana. Beliau menetap di Jerman dari Januari 1913 hingga Agustus 1917. Gelar Doktor diraihnya pada bulan Juni 1917 dari Universitas Oslo dengan penelitiannya mengenai angin pasat Atlantik Utara, dimana pekerjaan penelitian dilakukannya di Jerman.

Pada tahun 1918, beliau menjadi peneliti utama dalam ekspedisi Artic dengan menggunakan kapal riset Maud untuk masa penelitian selama 3 hingga 4 tahun yang akhirnya (ternyata) berjalan selama 7,5 tahun. Beliau sempat menetap di Amerika atas undangan Carnegie Institution di Washington pada tahun 1921-1922 dan tidak kembali ke Norwegia hingga tahun 1925. Pada tahun 1926 beliau diangkat menjadi kepala badan meteorologi di Bergen yang sebelumnya dijabat oleh Bjerknes. Setelah kembali ke Norwegia, ia menikahi Gudrun Bronn Vaumund, namun tidak dikaruniai anak (Gudrun dikaruniai anak bernama Anna Margrethe dari pernikahan sebelumnya).

Pada tahun 1936, beliau pindah ke Amerika Serikat karena diangkat sebagai direktur pada Scripp Institution of Oceanography (SIO) menggantikan Thomas Wayland Vaughan. Pada masa kepemimpinannya, beliau berhasil menjadikan SIO lebih maju dan mendapatkan dukungan penuh dari keluarga Scripp sebagai kontributor utama lembaga ini. Kedekatannya dengan Universitas Kalifornia merupakan salah satu faktor penting dalam reformasi kurikulum oseanografi di Amerika. Scripp sendiri merupakan lembaga pertama di Amerika yang memajukan kurikulum dalam bidang oseanografi. Ketika bekerja di SIO inilah beliau membangun teori tentang sirkulasi laut yang dikenal sebagai kesetimbangan Sverdrup, yang merupakan deskripsi terakurat pertama tentang fenomena ini. Beliau meninggalkan SIO pada tahun 1948 dan kembali ke Norwegia. Di negara asalnya ini, beliau kemudian menjabat sebagai direktur Norwegian Polar Institute dan terrus memberikan kontribusi untuk kemajuan oseanografi.

Namanya diabadikan dalam bidang oseanografi untuk menyatakan satuan transpor volume dari arus laut (disingkat dengan Sv). 1 Sv sebanding dengan 106 m3/s.